Berwisata di Waterland Ade Irma Suryani Cirebon

Tulisan ini pernah dimuat di koran Tribun Jateng edisi Kamis 30 Juli 2015
Waterland Ade Irma Suryani Cirebon
Menjelang sore hari, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani tampak ramai, Sabtu (25/7). Sejumlah keluarga terlihat menikmati suasana senja di tepian pantai Cirebon itu. Mereka mengajak serta anak-anak yang sibuk dengan wahana permainan yang ada.

Teriakan anak-anak bersatu padu dengan gemuruh air dari beberapa kolam yang berbeda. Di waterboom beberapa anak terlihat naik tangga. Lalu meluncur melalui lintasan berkelok hingga tercebur ke kolam. Sementara anak lainnya, terlihat asyik menaiki ban menyusuri kolam arus. Beberapa orangtua juga turut basah kuyup menemani anaknya.

Setidaknya ada tiga macam kolam air yang tak jauh dari pintu masuk waterland itu. Yaitu waterboom untuk anak-anak, kolam arus untuk anak maupun dewasa dan kolam renang olumpic untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter.

Wahana lainnya, yaitu taman bermain darat juga tak kalah ramai. Taman ini beralaskan pasir putih laiknya di pantai. Di taman ada miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Pengunjung bisa memanjat melalui tangga rintangan atau tangga biasa untuk naik kapal. Di depan miniatur kapal juga ada ayunan.

Selain itu, ada juga permainan halang rintang lainnya yang dibuat dari kayu.
Waterland buka setiap hari mulai pukul  09.00-19.00 Wib. Sementara untuk hari libur buka Mulai pukul 08.00-19.00 Wib.

Manager Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Dede melalui stafnya Roni mengatakan sejak soft opening Cirebon Waterland pada 1 Juli lalu, pengunjung membludak. Bahkan pengunjung mencapai 5.000 orang saat lebaran lalu.

"Antusias warga lumayan bagus. Mereka bangga memiliki wisata main yang dekat dengan warga. Karena berada di pusat kota," katanya.

Menurut dia, Waterland dengan luas sekitar 15.000 meter persegi itu menghadirkan wahana permainan modern bagi masyarakat. Lokasinya berada di bibir pantai kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon.
Roni mengatakan, untuk bisa menikmati wahana di Waterland, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu untuk hari biasa dan Rp 65 ribu saat akhir pekan. Dia mengatakan, saat ini tiket masih promo Rp 50 berlaku selama bulan Juli.

Biaya tiket tersebut hanya untuk wahana air dan darat. Belum termasuk sewa ban, wahana mobil dan sewa penginapan. "Karena baru soft opening, wahana yang ada belum 100 persen. Baru 70 persen. Grand opening akan dilakukan pada Desember  2015 mendatang," kata dia.

Saat ini, manajemen Waterland tengah menyiapkan wahana lain seperti speedboot, Waterboom untuk dewasa dan wahana ombak air. Pengelola juga akan melengkapinya dengan restoran Jepang Tomodachi.
Saat ini bangunan restoran berbentuk kapal itu sudah berdiri. Terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas 50 orang. Bangunan tersebut bisa digunakan untuk meeting, gathering, syukuran dan lain-lain.

Adapun, Cirebon Waterland berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Ade Irma Suryani No 1 Kota Cirebon. Lokasinya berdampingan dengan Pelabuhan Kota Cirebon.

Bisa Menginap di Cottage dengan Pemandangan Laut
Tersedia 18 cottage dengan pemandangan laut
SELAIN bisa menikmati wahana permainan yang ada, pengunjung Cirebon Waterland Ade Irma Suryani juga bisa bermalam menikmati liburan di Waterland. Pengelola menyediakan penginapan khusus dengan pemandangan laut.

Saat ini, baru ada 18 cottage yang siap dipakai pengunjung.  Bangunan cottage mengambil desain arsitektur rumah adat Minang. Atap berbentuk limas dan berdiri di atas pantai.

"Kami sediakan penginapan berbentuk bungalau. Konsepnya seperti yang ada di Pulau Seribu atau di Bali," kata Roni, staf Cirebon Waterland Ade Irma Suryani beberapa waktu lalu.

Harga sewa permalam bervariasi tergantung pemandangan dan luasnya. Untuk cottage pool view dipatok Rp 1,5 juta permalam. Sementara cottage sea view dipatok Rp 1,7 juta permalam. Ada juga yang Rp 2,5 juta khusus untuk keluarga dengan banyak anggotak. "Saat ini ada promo diskon 25 persen," katanya.
Harga tersebut sudah termasuk paket breakfast dan wahana di Waterland.

Pengelola juga menyediakan Foodcourt dengan berbagai menu makanan. Pengunjung bisa menikmati aneka masakan seperti chicken nugget, waterland fried, nasgor kampoeng dan beef burger.

Bagaimana Bisa ke Ade Irma Suryani?

CIREBON Waterland berada di dekat pusat kota. Tepatnya di Jalan Ade Irma Suryani No 1 Kota Cirebon. Lokasinya juga mudah diakses lantaran berdampingan dengan Pelabuhan Kota Cirebon.

Lokasi Waterland berada sekitar 19 km dari pintu gerbang Tol Palimanan Cirebon. Pengunjung dari arah Jakarta bisa mengambil rute Jalan Panglima Sudirman atau Jalan Raya Aryawinangun-Palimanan. Estimasi waktu tempuh yang diperlukan dari pintu tol Palimanan sampai lokasi sekitar 35 menit.

Sementara itu, pengunjung dari arah Jawa Tengah bisa mengambil rute Jalan Pantura via Jalan Panglima Sudirman. Jarak tempuh lokasi Waterland dari perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, Losari sekitar 32 km. Perlu waktu sekitar 39 menit jika ditempuh melalui perjalanan darat. (Abdul Arif)

Terima kasih telah membaca catatan saya. Silakan berikan tanggapan Anda terkait tulisan ini...

Popular posts from this blog

Kisah Ita Melawan Ganasnya Kanker Serviks

78 Tahun Panca Jaya Jual Obat Tradisional China

Kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang