Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menikmati Keindahan Curug Nangga di Petahunan Pekuncen Banyumas

Keindahan Curug Nangga
Lihat video Keindahan alam Curug Nangga Petahunan Banyumas: http://youtu.be/-j7x7z1wK1s

Curug Nangga merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Banyumas.  Curug ini terletak di RW 5 Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Saat ini masih dalam proses penggarapan oleh kelompok sadar wisata desa setempat dan Pemkab Banyumas.

Ketua RW 5 Petahunan Siyo Sujono (48) mengatakan, masyarakat setempat bersama Pemkab Banyumas masih menyiapkan akses jalan menuju curug ini. Pasalnya, jalan yang harus dilalui untuk sampai ke curug masih berupa jalan setapak.

Adapun, Curug Nangga terdiri dari tujuh curug yang masing-masing bernama Curug Nangga dengan ketinggian 25 meter. Curug Cikidang dengan ketinggian sekitar 25 meter. Curug Kedung Gomblang dengan ketinggian 9 meter dan kedalaman air sekitar 16 meter. Curug Pewinihan dengan ketinggian 4 meter. Curug kelima, enam dan tujuh belum memiliki nama. Masing-masing memiliki ketinggian antara 1,5-2 meteran.

Nama Curug Nangga sendiri diambil lantaran curug tersebut terdiri dari tujuh undakan yang mirip tangga. Meski begitu, menurut Siyo, Curug Nangga berkait erat dengan sejarah masyarakat setempat. Sejak nenek moyang dia lahit,  sudah ada cerita yang diwariskan secara turun temurun.

Konon, ada seorang yang bernama Kaki Prayanangga. Dua yang kali pertama menginjak kaki dan hidup di situ."Itu leluhur kami yang pertama. Dia bertapa di Curug Nangga. Saat bertapa dan belum sampai titik akhir,  dia kejatuhan batu mengenai kepalanya," kata dia.

Sebelum meninggal, dia sempat nitip pesan kepada orang terdekatnya agar diberi nama Curug Nangga. "Sungai ini juga disebut Kali Arus karena darah leluhur mengalir di sini," ujar Siyo.(Abdul Arif)

Post a Comment for "Menikmati Keindahan Curug Nangga di Petahunan Pekuncen Banyumas"