Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Udara Segar di Lintasan Objek Vital Nasional Balikpapan

Kilang-kilang minyak tampak dari pinggir Jalan Yos Sudarso Balikpapan
Jalan Yos Sudarso Balikpapan menjadi jalur alternatif yang menghubungkan antara Kampung Baru dengan Klandasan. Jalan ini berada di kawasan objek vital nasional. Kilang-kilang minyak serta jaringan pipa milik Pertamina berada di sini. Juga beberapa kantor vital milik Pertamina.

Saya tak pernah menghitung seberapa persis panjang lintasan ini. Namun perkiraan saya, lebih kurang 5 K (hanya perkiraan). Saya sering melewati jalur ini jika ada agenda liputan ke Kantor Walikota Balikpapan. Jakur ini lebih sejuk dan mengasyikkan ketimbang memilih jalan Ahmad Yani yang lalu lintasnya cukup padat.

Gerbang lintasan ini berada di dekat pertigaan SPBU Karanganyar. Berujung di dekat kawasan Pelabuhan Semayang. Pertama kali saya melintas, yang berada di benak saya adalah kebersihan dan kesejukan udaranya.
Jalanan tampak lengang. Kiri-kanan pepohonan rindang, Sesekali tampak seekor kera asyik bermain.

Ya, beberapa kilometer ke arah timur dari pusat kilang minyak milik Pertamina ini, ada hutan kota. Kiri kanan jalan begitu rimbun dan hijau. Tepian jalan dilindungi oleh pagar besi. Pemerintah setempat memasang plang larangan mengganggu hewan yang berada di hutan kota ini. Hewan, seperti monyet memang seringkali menampakkan diri asyik bermain di dahan pepohonan.

Saya lebih suka melintasi jalan ini kalau hendak ke Balaikota Balikpapan
Biasanya saya berlama-lama jika melewati jakur ini. Cukup memasang kecepatan 20 km/ jam. Sambil menarik nafas dalam-dalam. Kadang tanpa saya sadari, saya mengendarai motor sambil terpejam karena saking sejuknya. Hemmm...

Post a Comment for "Udara Segar di Lintasan Objek Vital Nasional Balikpapan"