Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melepas Kepiting Bertelur di Sungai Somber Kawasan Mangrove Center Balikpapan

Saya dan rombongan Balai Karantina Ikan menyusuri sungai Somber. Hanya saya dan fotografer Tribun  yang diajak kegiatan ini.
Oh, siang yang begitu teduh, Senin (26/1/2015). Saya bersama rombongan dari Balai Karantina Ikan PM Balikpapan juga Dinas Perikanan berkesempatan menyusuri sungai Somber di Kelurahan Batu Ampar Kawasan Mangrove Center Balikpapan Utara.
Ada ratusan ekor kepiting bertelur yang dilepas di Sungai Somber. Kepiting ini hasil temuan selundupan di Balikpapan.
Kami menaiki perahu diesel. Melaju sekira 1 km untuk melepaskan kepiting bertelur. Ada ratusan kepiting yang berhasil diamankan Balai KIPM. Kepiting ini sedianya diselundupkan ke Jakarta dan Semarang. Namun buru-buru ketahuan saat pemeriksaan di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Aturan baru dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melarang penangkapan kepiting, lobster dan rajungan dalam kondisi bertelur. Kepiting bertelur itu kami lepas di tiga titik sungai agar bisa berkembangbiak.

Nah.. hiduplah bebas di alam sana ting, kepiting...
Kami dipandu oleh pengelola Mangrove Center, namanya Agus. Pemandangan di kawasan ini masih alami. Airnya payau. Hutan mangrovenya juga rimbun. Sesekali kami berjumpa dengan bekantan (sejenis kera) yang tengah asyik bermain di dahan pohon bakau.
Eits...selfie dulu sebelum nyemplung sungai...
Kami bahkan berjumpa dengan buaya muara yang menampakkan monyongnya di tepian sungai. Duh, seremnya. Bahaya juga kalau main ke sini tanpa pengamanan yang baik.

Post a Comment for "Melepas Kepiting Bertelur di Sungai Somber Kawasan Mangrove Center Balikpapan"