Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manusia Tak Bisa Jauh dari Internet

Dalam sebuah kuliah di Unika Soegijapranata pada Rabu (1/10), Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Drs Freedy H Tulung MUA menyampaikan, tantangan bangsa Indonesia ke depan ada tiga hal: globalisasi, demokrasi dan teknologi informasi.

Kata kunci utama untuk mengahdapi tantangan itu adalah penguasaan terhadap informasi. Penguasaan informasi menjadi tulang punggung.

Era globalisasi semakin kental terasa. Tahun depan sudah memasuki komunitas ASEAN. Semua negara yang tergabung mulai membuka diri. Tak pelak memunculkan persaingan dalam berbagai hal. Termasuk urusan ketenagakerjaan. Seorang dokter asal Indonesia berkesempatan untuk bekerja di luar negeri. Begitu juga orang asing bisa mendirikan rumah sakit di Indonesia.

Orang-orang asing sudah bersiap diri dengan meningkatkan kualitas dan mengenali negara lainnya.

Penguasaan teknologi informasi menjadi penting. Bahkan berpengaruh besar dalam proses demokrasi. Saat ini gadget menjadi senjata utama. Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2014 lantaran adanya sukarelawan yang bergerak melaui media sosial. Mereka cukup beraksi dengan memainkan gadgetnya masing-masing.

Independent information consumtion menjadi penanda era ini. Orang memosisikan informasi menjadi sangat personal. Kecepatan dalam menyampaikan informasi menjadi bagian penting di tengah masyarakat. Masyarakat tak peduli terhadap akurasi dan kredibilitas sumbernya.

Hampir 73 juta penduduk di Indonesia sudah menjadi pengguna internet. Menurutnya, penetrasi internet mencapai 29 persen. Sedangkan ada sejumlah 280 juta gadget yang aktif dipakai. Ini 112 persen dari jumlah penduduk. Di Jakarta bahkan setiap orang memiliki gadget dua sampai tiga. Satu gadget, memiliki tiga simcard.

Pemakaian Internet

Waktu penggunaan internet saat ini mencapai 5,5 jam dalam sehari. Begitu pentingnya peralatan ini, sehingga seseorang meluangkan waktunya sebanyak itu. Melebihi jam belajar atau lainnya.

Data terbaru jumlah pengguna internet pada 2014 mencakup 83 juta orang. Penggunaan tersebut meliputi gadget maupun peralatan lainnya. Penggunaan selular 112 persen, TV 95 persen, radio 47 persen, internet 29 persen, surat kabar 25 persen.

Kelompok umur pengguna internet kebanyakan usia muda. Dengan rincian 80 persen berusia di bawah umur 35 tahun. Ada sekitar 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia pengguna internet.

@arif_srabilor

Post a Comment for "Manusia Tak Bisa Jauh dari Internet"