Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pameran Kartun Secac Pajang 150 Karya

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina. Kawan MuDa masih ada dua hari lagi untuk mengikuti Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina. Ayo tetep nyari informasi di blog Corart-Coret.
Kompetisi
Web
Kompas
 MuDA
Pertamina
(Suara Merdeka, 25 Februari 2011)
Semarang, CyberNews. Lebih dari 150 kartun akan dipamerkan di Pameran Kartun dan Reuni Secac Reborn. Acara tersebut akan dilangsungkan di Galeri Merak Suara Merdeka Jalan Merak No 11 A. Menurut rencana, Wali Kota Soemarmo HS dan CEO Suara Merdeka Group Kukrit Suryo Wicaksono akan membuka pameran Sabtu (26/2) pukul 19.00.

Salah seorang anggota Secac (Semarang Cartoon Club) Koesnan Hoesie saat ditemui di tengah persiapan acara di Galeri Merak mengatakan, 150 an karya tersebut berasal lebih dari 50 kartunis. Kartun-kartun itu sendiri berangka tahun mulai dari 80-an hingga terkini.

"Pameran akan berlangsung hingga 5 Maret pada pukul 09.00-16.00. Selain memajang karya, beberapa kartunis juga akan melakukan demo melukis kartun," katanya.

Blog ini sedang diikutsertakan dalam Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

Selain itu, pada Hari MInggu (27/2) akan digelar sarasehan dan temu kangen anggota Secac. Di kesempatan itu, menurut rencana juga akan diadakan regenerasi pengurus. Pergantian pengurus di organisasi itu sendiri menurut Hoesi tidak dijadwalkan tiap beberapa tahun, tapi hanya jika dirasa perlu oleh para anggota.

Secac berdiri 5 April 1982 dan menghimpun banyak karikatur. Mereka kemudian berkembang dan menjadi ternama. Sebagian anggotanya bahkan mampu menyabet berbagai penghargaan di segala tingkat.

Beberapa tahun terakhir, Secac seperti terlelap meski anggota-anggotanya tetap berkarya. Kini, Secac bertekad lahir kembali. Itulah mengapa, pameran kali ini bertajuk Secac Reborn.

Pendiri Secac Yehana SR saat ditemui di tempat yang sama terlihat sangat antusias dengan pameran kali ini. Dia menunggui rekan-rekannya menyiapkan pameran. Sesekali, pria yang masih terlihat necis itu juga berbincang dengan para kartunis. Dia berharap pameran kali ini bisa membangkitkan membangkitkan kembali dunia kartun, terutama di Semarang.
( Adhitia A / CN26 / JBSM )

Post a Comment for "Pameran Kartun Secac Pajang 150 Karya"