Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karya Kartunis Bisa Jadi Sindiran Bagi Pemerintah

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina. Kawan MuDa masih ada dua hari lagi untuk mengikuti Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina. Ayo tetep nyari informasi di blog Corart-Coret.
Kompetisi
Web
Kompas
 MuDA
Pertamina
(Suara Merdeka 26 Februari 2011)
Semarang, CyberNews. Hasil karya kartunis bisa menjadi sindiran sekaligus koreksi untuk pemerintah, utamanya untuk masalah dan penanganan rob di Semarang. Hal itu dikatakan Walikota Semarang, Soemarmo H.S saat membuka pameran kartun dan reuni Secac (Semarang Cartoon Club) yang pertama di tahun 2011, yang bertajuk "Secac Reborn" di Galeri Merak Suara Merdeka, Sabtu (26/2).

"Harapannya selain bisa menghasilkan karya-karya yang berkualitas, kartunis Semarang juga bisa mengangkat pembangunan Kota Semarang," tambahnya.

Soemarmo menuturkan dirinya sudah mengunjungi pameran Secac sebanyak dua kali. Menurutnya, melalui pameran ini dunia kartunis di Indonesia, khususnya di Semarang sudah mulai berkembang. "Itu bisa dilihat, dari beberapa kartun yang dipamerkan terasa menggelitik, sedangkan beberapa lainnya menjadi sindiran bagi pemerintah," katanya.

Acara ini juga dihadiri Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Hendro Basuki, yang mewakili CEO Suara Merdeka, Kukrit Suryo Wicaksono. Sementara, karya-karya kartunis yang dipamerkan merupakan kumpulan dari kartun-kartun yang pernah dimuat di Suara Merdeka dari tahun 80an sampai sekarang. Hal ini sekaligus sebagai nostalgia bagi redaktur, anggota Secac maupun pembaca.

Selain itu, panitia memberikan tali asih kepada Gunawan Pranyoto, salah satu kartunis senior atau empu kartun berupa koin sebagai bentuk penghargaan bagi beliau atas karya-karyanya. Gunawan yang sudah sepuh dibantu oleh rekannya saat menerima pemberian tersebut. Acara ditutup dengan coretan Soemarmo berupa 'Tugu Muda' yang kemudian dilanjutkan oleh para pembuka acara.
( Rizki Nisita / CN26 / JBSM )

Blog ini sedang diikutsertakan dalam Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

Post a Comment for "Karya Kartunis Bisa Jadi Sindiran Bagi Pemerintah"